PKM Pascasarjana ISI Surakarta Implementasikan Pengabdiannya Melalui Upaya Pemahaman Strategi Branding untuk Meningkatkan Potensi Desa Nglebak
Pada hari Sabtu, 15 Juni 2025 adalah dimana kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat terus diupayakan dalam membumikan keilmuan bidang Seni dan Desain dalam meningkatkan ekonomi masyarakat oleh Tim PKM Pascasarjana ISI Surakarta. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menyasar kepada ibu-ibu yang berkegiatan dalam kelompok Irina Putri yang diketuai oleh ibu Siti Muryati, S.Pd bertempat di masjid Al Hidayat, Desa Nglebak, Tawangmangu, Kab. Karanganyar.
Sebelum pelaksanaan kegiatan pemberdayaan ini sudah dilakukan observasi awal bersama Tim PKM Pascasarjana terutama Program Studi Seni, Magister Seni dengan ketua Dr. Handriyotopo, S.Sn, M.Sn bersama Prof. Dr. Dra. Sunarmi, M.Hum selaku Direktur Pascasrajana ISI Surakarta dengan anggota mahasiswa Reno Abdurohman, Yuninggar Renaningtyas dan Muthia Anas Salma.
Gambar 1. Para Narasumber memaparkan materi penyuluhan dan workshop kepada ibu-ibu kelompok Irina Putri di Desa Nglebak
Implementasi kegiatan branding yaitu dengan penyuluhan berkaitan dengan upaya penting dalam menghadapi tantangan global dengan maraknya media sosial. Kegiatan ini tidak sekedar meyampaikan materi namun juga diskusi dan memecahkan permasalahan bersama;
- Yuninggar Renaningtyas menyampaikan materi bagaimana merancang dan me-lay outrumah pajang (rak display) dengan menyesuiakan ruangan yang ada sehingga menarik dan indah dimata, memajang benda-benda produk dengan rancangan rak display dari material yang unik ada di sekitar kita.
- Reno Abdurohman menyampaikan materi bagaimana rancangan coffee table booksebagai sarana promosi dalam mendekatkan konsumen melalui melalui tata letak dan foto yang menarik, memuat potensi desa.
- Muthia Anas Salma menyampaikan materi bagaimana memaksimalkan potensi media sosial Instagram sebagai sarana promosi produk UMKM sehingga menarik dan mampu mempersuasi khalayak luas.
- Handriyotopo, S.Sn.,M.Sn menyampaikan materi bagaimana memaksimalkan alat tripod dan ring lightuntuk keperluan live streaming melalui media TikTok sebagai media promosi produk.
Setelah pemaparan dari masing-masing pemateri dilakukan diskusi dan workshop yang cukup menarik perhatian bagi ibu-ibu adalah membuat akun Instagram dan memaksimalkan fitur feed Instagram dalam upaya branding produk. Mengapa demikian karena dalam memaksimalkan potensi desa melalui kolaborasi branding yang disampaikan oleh pemateri di atas. Salah satu peserta memberikan pertanyaan bagaimana ketika memajang display produk UMKM sudah dilakukan, namun pengunjung tidak ada yang datang dan bagaimana strateginya? Inilah pentingnya media sosial untuk melakukan branding melalui strategi media sosial Instagram atau media sosial TikTok perlu diupayakan secara maksimal.
Di akhir diskusi penyuluhan dan workshop jikamemang belum maksimal, akan dilanjutkan kembali kepada para peserta yang memiliki produk untuk dikembangkan lebih lanjut melalui implementasi yang lebih intensif. Dalam akhir penutupan ini diserahkan seperangkat alat live streaming yaitu tripod dan Ring light TikTok kepada ketua IRINA Putri Desa Nglebak.
Gambar 2. Penyerahan alat untuk live streaming TikTok yaitu tripod dan ring light oleh Prof. Dr. Dra. Sunarmi, M.Hum Direktur Pascasarjana ISI Surakarta kepada Ibu Siti Muryati, S.Pd. selaku ketua Irina Putri di Masjid Al Hidayat, Desa Nglebak.