Syarat Melamar

Penerimaan Mahasiswa mempersyaratkan pelamar pada Program Studi Seni Program Magister ISI Surakarta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

1.  Memiliki ijazah Sarjana atau Sarjana Terapan dari Institut Seni, Sekolah Tinggi Seni, Fakultas Seni dari Institut atau Universitas, atau bidang ilmu lain.

2.  Mempunyai kemampuan akademik yang cukup dan dipandang mampu untuk menempuh pendidikan Program Magister yang akan dilihat melalui tes saringan masuk;

3.  Mendapatkan rekomendasi dari dua orang dosen, sekurang-kurangnya adalah dosen yang berderajat Magister dengan jabatan akademik Lektor Kepala;

4.  Mengajukan proyeksi keinginan berisi:

  • Alasan mengikuti pendidikan Program Magister dengan jalur yang dipilih;
  • Harapan yang diinginkan dari pendidikan Program Magister;

5.  Menunjukkan surat izin belajar dari lembaga asal bagi yang sudah bekerja;

6.  Membayar biaya pendaftaran;

Prosedur Melamar

  1. Calon mahasiswa mendaftar dan mengunggah dokumen persyaratan pendukung secara online pada laman http://sipadu.isi-ska.ac.id/pmb-pps.
  2. Ijasah dan transkrip akademik Sarjana atau Sarjana Terapan yang telah disahkan pihak yang berwenang.
  3. Surat rekomendasi dari pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon, sedapat mungkin Pembimbing Akademik (PA) atau dosen pembimbing skripsi.
  4. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae), mencakup data diri, riwayat pendidikan, pekerjaan, dan karya ilmiah atau karya seni (jika ada).
  5. Surat ijin belajar tertulis dari instansi tempat bekerja (bagi yang sudah bekerja).
  6. Surat keterangan sehat dari dokter.
  7. Surat keterangan jaminan sanggup membiayai studinya sampai selesai (bermeterai Rp 10000,-).
  8. Rancangan Proposal untuk penulisan Tesis atau Proposal Penciptaan Karya Seni.
  9. Sertifikat nilai Bahasa Inggris asli (bila ada dan masih berlaku) dengan Skor minimum 400. Sertifikat yang diakui Pascasarjana ISI Surakarta adalah TOEFL ITP/TOEFL Internasional, atau Sertifikat yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa dari Perguruan Tinggi dengan ranking APT “A”. Kewajiban untuk mengikuti kursus dalam masa studi akan ditentukan dengan melihat score nilai ini.
  10. Bagi pelamar warga Negara Asing (WNA), selain memenuhi persyaratan di atas, diwajibkan menyerahkan surat izin khusus yang disahkan oleh Kedutaan Besar atau Konsulat Jenderal R.I. di negara asal pelamar dan dapat berbahasa Indonesia.
  1. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran*) sebesar Rp 500.000,-
    di Bank Mandiri dengan menuliskan Nama dan Nomor Pendaftaran Program S-2 pada Slip Pembayaran dan akan mendapatkan kode akses yang tertera pada Slip Pembayaran.
  2. Mengikuti seleksi masuk sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia,

Hardcopy rancangan proposal diserahkan ke admin Pascasarjana ISI Surakarta, dengan alamat :

Direktur Pascasarjana ISI Surakarta

Jln. Ki Hadjar Dewantara No. 19 Kentingan, Jebres, Surakarta 57126; Telp. (0271) 647658; Fax. (0271) 638974; E-mail: pascaisisurakarta@gmail.com

Disertai amplop panjang berperangko, bertuliskan nama dan alamat calon, serta nomor HP, untuk pemberitahuan hasil seleksi.

Seleksi Pelamar

Seleksi pelamar dilakukan oleh suatu tim, yang terdiri atas Direktur Pascasarjana sebagai ketua, Ketua Program Studi sebagai Sekretaris dan beberapa dosen terpilih sebagai anggota. Ada dua bentuk seleksi yaitu seleksi akademik dan seleksi administrasi.

Seleksi Akademik

Seleksi akademik ditekankan pada penguasaan kompetensi akademik dan wawasan berkesenian. Kompetensi akademik meliputi penguasaan keilmuan dan teknik artistik di bidangnya. Wawasan berkesenian mencakup penguasaan dalam pementasan, pameran, aktivitas mencipta karya seni, keaktoran, penyutradaraan, penyusunan naskah, manajerial, dan networking. Mahasiswa dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru diberi kesempatan untuk mempresentasikan rencana tesis atau karya seni yang akan dikerjakan dalam menyelesaikan tugas akhir.

Seleksi Administrasi

Penerimaan dan penolakan menjadi mahasiswa Program Magister diberitahukan secara tertulis oleh Direktur Pascasarjana. Surat pemberitahuan dilampiri syarat-syarat pendaftaran ulang dan penjelasan mengenai alur pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru bagi yang diterima.

Pendaftaran Ulang

  1. Calon mahasiswa wajib melakukan pendaftaran ulang sebelum perkuliahan semester I dimulai.
  2. Mahasiswa lama diwajibkan mendaftar ulang setiap semester, paling lambat satu minggu sebelum kuliah pada suatu semester dimulai.
  3. Pendaftaran ulang didahului dengan pelunasan pembayaran SPP di Bank Mandiri.

Kuliah Tambahan

Ada dua kategori mahasiswa baru, yaitu (1) yang diterima tanpa kuliah tambahan, dan (2) yang diterima dengan kuliah tambahan.

1. Mahasiswa Tanpa Kuliah Tambahan

Mahasiswa yang diterima tanpa kuliah tambahan merupakan mahasiswa yang telah memiliki pengetahuan dan keterampilan akademik cukup untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan.

2. Dengan Kuliah Tambahan

Mahasiswa yang diterima dengan kuliah tambahan merupakan mahasiswa yang memerlukan dukungan pengetahuan dan keterampilan tambahan dalam menyiapkan diri secara akademik untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan.