Ujian Kelayakan Tesis Pascasarjana ISI Surakarta Atas Nama Dwi Ismiati

Pada hari Senin, 18 Desember 2023 Pascasarjana ISI Surakarta menyelenggarakan Ujian Kelayakan Tesis an. Dwi Ismiati NIM. 212111020 angkatan tahun 2021
Ketua penguji: Prof. Dr. Drs. Sunarmi, M.Hum.
Pembimbing: Dr. Anung Rachman, ST, M.Kom.
Judul: Pola Pencitraan Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah dalam Logo dan Tagline

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memaparkan secara komprehensif citra daerah dalam logo kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada analisis isi logo dan tagline yang di proyeksikan dari kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan city branding untuk melakukan identifikasi pemasaran daerah yang dilakukan oleh kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Penelitian ini juga menganalisis elemen-elemen visual branding dengan pendekatan visual identity pada aspek logo, kombinasi warna, tanda dan simbol, tipografi dan tagline. Serta menganalisis kategori logo berdasarkan simbol dan brand DNA untuk merinci inti identitas dan tujuan suatu daerah serta atribut-atribut yang membentuk ciri khasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat sebanyak 15 kabupaten dan 5 kota menerapkan logo city branding dari total 36 yang menjadi objek penelitian pada kabupaten dan kota di Jawa Tengah pada bulan Januari 2023. (2) Analisis elemen visual identity secara keseluruhan logo city branding kabupaten dan kota di Jawa Tengah sudah melengkapi unsur-unsur logo yang baik seperti original, persuasif, harmonis, mendukung budaya lokal. (3) Pemaparan komponen brand DNA meliputi value, style, differentiators, standards, brand platform dan brand promise yang ingin disampaikan pada logo city branding selaras dengan nilai-nilai inti dan identitas merek yang mencerminkan citra visual. Analisis citra visual pada logo dan tagline dari kabupaten dan kota di Jawa Tengah menunjukkan bahwa dominansi simbol lokasi dan sumber daya alam. Kesimpulannya demikian dapat dipahami, karena setiap daerah merupakan unit rumit yang terdiri dari keanekaragaman budaya, sosial, geografis dan politik yang kaya. Ini berarti ketika satu detail disajikan, detail lainnya mungkin hilang.

Kata kunci: city branding, citra visual , visual identity, brand DNA, kabupaten dan kota, jawa tengah

Dokumentasi: