Penerimaan Mahasiswa

 

Klik untuk memperbesar
Klik untuk memperbesar

Syarat Melamar

Penerimaan Mahasiswa mempersyaratkan pelamar pada Program Studi Seni Program Doktor ISI Surakarta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

1.   Memiliki ijazah Magister atau Magister Terapan dari Institut Seni, Sekolah Tinggi Seni, Fakultas Seni dari Institut atau Universitas, atau bidang ilmu lain.

2.   Mempunyai kemampuan akademik yang cukup dan dipandang mampu untuk menempuh pendidikan Program Doktor yang akan dilihat melalui tes saringan masuk;

3.   Mendapatkan rekomendasi dari dua orang Guru Besar yang mengetahui kemampuan akademik calon;

4.   Mengajukan proyeksi keinginan berisi:

  • Alasan mengikuti pendidikan Program Studi Seni Program Doktor dengan jalur yang dipilih;
  • Harapan yang diinginkan dari pendidikan Program Doktor;

5.   Menunjukkan surat izin belajar dari lembaga asal bagi yang sudah bekerja;

6.   Membayar biaya pendaftaran;

Prosedur Melamar

  1. Calon mahasiswa mendaftar dan mengunggah dokumen persyaratan pendukung secara online pada laman http://sipadu.isi-ska.ac.id/pmb-pps.
  2.  Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran*) sebesar Rp 500.000,- di Bank Mandiri
  3. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran beserta lampiran dokumen pendukung berupa:
  • Scan ijazah, transkrip nilai S2  atau copi ijazah yang dilegalisir dengan IPK serendah-rendahnya 3,25
  • Surat rekomendasi dari dua guru besar yang mengetahui kemampuan akademik calon.
  • Proyeksi studi dalam format drfat bakal Proposal Disertasi  (Kajian/Penciptaan Seni) maksimal 25 halaman.
  • Daftar Riwayat Hidup disertai portofolio karya seni/ilmiah yang pernah dipublikasikan atau dipentaskan sebelum dan sesudah lulusan S2. 
  • Surat ijin tertulis dari Instansi (yang sudah bekerja). 
  • Surat keterangan jaminan pembayaran studi  dari instansi atau surat pernyataan kesanggupan membiayai sendiri (bermataerai Rp. 10.000,-). 
  • Bukti pembayaran pendaftaran.
  • Surat keterangan sehat dari dokter.  Sertifkat TOEFL asli, dengan Skor minimum 500 (Institusional).
  • Bagi pelamar Warga Negara Asing (WNA), selain memenuhi persyaratan di atas, diwajibkan menyerahkan surat ijin khusus yang disahkan oleh Kedutaan Besar atau Konsulat Jenderal RI di negara asal pelamar dan dapat berbahasa Indonesia.                                

*Dokumen persyaratan tersebut atas dalam format file PDF dikirim unggah melalui laman: https://sipadu.isi-ska.ac.id/pmb-pps/

Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 

  • Jalur Beasiswa Menyesuaikan Pengumuman BPI
  • Jalur Reguler: 14 Februari sd 8 Juli 2023

Seleksi Calon Mahasiswa Baru

  • Jalur Beasiswa Menyesuaikan Pengumuman BPI
  • Jalur Reguler: tanggal 14 sd 15 Juli 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Baru

  • Jalur Beasiswa Menyesuaikan Persetujuan BPI
  • Jalur Reguler: tanggal 24 Juli 2023

 

Hardcopy rancangan proposal diserahkan ke admin Pascasarjana ISI Surakarta, dengan alamat :

Direktur Pascasarjana ISI Surakarta

Jln. Ki Hadjar Dewantara No. 19 Kentingan, Jebres, Surakarta 57126; Telp. (0271) 647658; Fax. (0271) 638974; E-mail: pascaisisurakarta@gmail.com

Disertai amplop panjang berperangko, bertuliskan nama dan alamat calon, serta nomor HP, untuk pemberitahuan hasil seleksi. Penyerahan berkas dilayani pada hari dan jam kerja, yaitu Senin s.d. Jumat, pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB.

Seleksi Pelamar

Seleksi pelamar dilakukan oleh suatu tim, yang terdiri atas Direktur Pascasarjana sebagai ketua, Ketua Program Studi sebagai Sekretaris dan beberapa dosen terpilih sebagai anggota. Ada dua bentuk seleksi yaitu seleksi akademik dan seleksi administrasi.

Seleksi Akademik

Seleksi akademik ditekankan pada penguasaan kompetensi akademik dan wawasan berkesenian. Kompetensi akademik meliputi penguasaan keilmuan dan teknik artistik di bidangnya. Wawasan berkesenian mencakup penguasaan dalam pementasan, pameran, aktivitas mencipta karya seni, keaktoran, penyutradaraan, penyusunan naskah, manajerial, dan networking. Mahasiswa dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru diberi kesempatan untuk mempresentasikan rencana disertasi atau rencana karya seni yang akan dikerjakan dalam menyelesaikan tugas akhir.

Seleksi Administrasi

  1. Kelengkapan persyaratan yang telah ditentukan.
  2. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).
  3. Dokumen protofolio.

Penerimaan dan penolakan menjadi mahasiswa Program Doktor diberitahukan secara tertulis oleh Direktur Pascasarjana. Surat pemberitahuan dilampiri syarat-syarat pendaftaran ulang dan penjelasan mengenai alur pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru bagi yang diterima.

Pendaftaran Ulang

  1. Calon mahasiswa wajib melakukan pendaftaran ulang sebelum perkuliahan semester I dimulai.
  2. Mahasiswa lama diwajibkan mendaftar ulang setiap semester, paling lambat satu minggu sebelum kuliah pada suatu semester dimulai.
  3. Pendaftaran ulang didahului dengan pelunasan pembayaran SPP di Bank Mandiri.
  4. Pendaftaran ulang dilakukan di Sekretariat Pascasarjana ISI Surakarta dengan menunjukkan bukti pembayaran SPP dan mengisi formulir her registrasi dan menyerahkan
  5. pasfoto berwarna terbaru dengan ukuran 2 x 3 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 (empat) lembar.

Kuliah Tambahan

Ada dua kategori mahasiswa baru, yaitu (1) yang diterima tanpa kuliah tambahan, dan (2) yang diterima dengan kuliah tambahan.

Mahasiswa Tanpa Kuliah Tambahan

Mahasiswa yang diterima tanpa kuliah tambahan merupakan mahasiswa yang telah memiliki pengetahuan dan keterampilan akademik cukup untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan.

Mahasiswa Dengan Kuliah Tambahan

Mahasiswa yang diterima dengan kuliah tambahan merupakan mahasiswa yang memerlukan dukungan pengetahuan dan keterampilan tambahan dalam menyiapkan diri secara akademik untuk mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan.

Biaya Pendidikan

Berdasarkan Keputusan Rektor ISI Surakarta No. 2944/IT.6/KU/2018 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak ISI Surakarta, ditetapkan sebagai berikut:

  • SPP Mahasiswa Dalam Negeri sebesar Rp. 15.000.000,- per semester
  • SPP Mahasiswa Asing sebesar  Rp. 24.000.000,- per semester

n