Ujian Kelayakan Tesis Pascasarjana ISI Surakarta Atas Nama Chairini Aisyah

Ujian Kelayakan Tesis Pascasarjana ISI Surakarta Atas Nama Chairini Aisyah

Pada hari Jumat, 25 Agustus 2023, Pascasarjana ISI Surakarta menyelenggarakan Ujian Kelayakan Tesis an. Chairini Aisyah NIM. 212111017 angkatan tahun 2021
Ketua Penguji: Dr. Ana Rosmiyati, S.Pd., M.Hum.
Pembimbing: Dr. Handriyotopo, S.Sn.
Judul tugas akhir: Retorika Visual Iklan Ultra Milk X ITZY di Media Youtube

ABSTRAK
Industri periklanan di Indonesia saat ini banyak menggunakan brand ambassador yang berasal dari Korea Selatan. Penggunaan brand ambassador tersebut dianggap memiliki pengaruh dan penggemar yang banyak. Sejak masuknya budaya Hallyu dan menyebar di Indonesia, masyarakat mulai mengenal beberapa budaya Korea Selatan seperti drama, musik, produk kecantikan dan makanan. Iklan sebagai alat komunikasi pesan, berusaha untuk membujuk konsumen dalam memilih produk. Iklan yang menggunakan visualisasi dari Korea Selatan, terbilang efektif dalam meningkatkan penjualan produk lokal dan citra dari produk tersebut. Penelitian ini menganalisis makna pesan dan citra iklan yang mengkampanyekan #donstopyourmove pada iklan Ultra Milk yang berkolaborasi dengan idol Korea ITZY di media sosial YouTube. Melalui metode penelitian kualitatif deskriptif untuk melakukan identifikasi data dan analisis teks visual iklan dengan langkah pengamatan melalui scene-scene pada iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan segitiga retorik Hesford dan Brueggemen untuk melakukan interpretasi makna pesan melalui subjek atau konten, audiens, dan perspektif sudut pandang kamera pada iklan. Penelitian ini juga menganalisis citra visual pada iklan dengan pendekatan retorika visual Sonja K. Foss pada aspek sifat (nature of image), aspek gambar (function of image), dan evaluasi (evaluation of image). Serta menganalisis aktivitas audiens akan ketertarikan pada iklan Ultra Milk melalui alur AISAS Model untuk melihat posisi iklan dan brand ambassador ITZY yang mempromosikan produk susu Ultra Milk dan mengkampanyekan #dontsopyourmove. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Makna pesan iklan Ultra Milk agar generasi muda yang memiliki aktivitas banyak untuk mengkonsumsi susu sebagai pendamping gizi, menjadi generasi yang “Don’t Stop Your Move to be Unstoppoble Generation, (2) Citra visual yang dibangun Ultra Milk yang berkolaborasi dengan ITZY diharapkan agar audiens seperti idol Korea memiliki karakter yang unik, semangat, berbeda dan aktif bergerak, (3) Iklan tersebut mendapatkan perhatian dari audiens melalui brand ambassador, visual dan produk.
Kata Kunci: iklan, retorika visual, duta merek, kampanye, audiens

Berikut ini dokumentasinya:

Share this post


n